Mengenal Lebih Jauh Pendidikan Etika Untuk Balita

Posted by on December 14, 2016 in Balita | 0 comments

Bagaimana cara yang tepat memberikan pendidikan etika untuk balita? dalam artikel ini akan dijelaskan poin-poin dalam mengenal lebih jauh pendidikan etika untuk balita.

 

Mengenal Lebih Jauh Pendidikan Etika Untuk Balita

mengenal lebih jauh pendidikan etika untuk balita

Mengenal Lebih Jauh Pendidikan Etika Untuk Balita

Mendengar kalimat pendidikan etika untuk balita sekilas asing ditelinga kita. Karena cara ini berbeda tidak seperti mengajari balita soal membaca dan berhitung. Seberapa pentingkah pelajaran etika untuk balita?

Balita merupakan fase tumbuh kembang anak diaman anak akan sangat mudah untuk merekam apa yang dia dengar dan apa yang dia lihat. Sangat riskan tentu tidak menempatkan si buah hati di lingkungan yang benar, baik lingkungan keluarga, lingkungan tempta tinggal, maupun lingkungan belajar. Dari pemilihan lingkungan yang baik, kita sudah memulai step awal pendidikan etika untuk balita. Terus apa poin-poinnya? Simaklah ulasan dari warung aqiqah Yogyakarta beberapa poin berikut yang harus anda perhatikan untuk memeberikan pelajaran etika:

•    Berikan pembelajaran dengan contoh langsung. Seperti sengaja mempertontonkan kepada anak untuk membuang sampah pada tempat sampah saat melihat sampah  pada waktu jalan-jalan. Atau membiasakan mengucap terimakasih kepada siapapun yang telah memberikan sesuatu pada kita.

•    Adakan sistem peraga atau simulasi. Anda bisa bermain drama dengan balita kesayangan saat menanamkan etika pada anak. Contoh, budi pekerti untuk berbakti pada orangtua dengan drama malin kundang.

•    Praktekkan dalam kegiatan seharian. Belajar etika adalah belajar kehidupan. Balita akan menonton apa yang dia liat setiap hari dan akan mempraktikkannya.  Oleh kerananya orang tua hendaknya memberikan keteladanan yang baik bukan sebaliknya memberkan contoh perbuatan yang kurang baik.  Biasakan beretika etiap hari.

•    Ajaklah ia berkomunikasi. Penanaman etika pada si buah hati harus juga memperhatikan mood dan kondisi si anak. Ajaklah berbicara dengan lembut mengenai apa yang salah dan apa yang benar. Buat senyaman mungkin dan beri penjelasan sederhana yang dipahami balita tentang mengapa kita tidak melakukan sesuatu yang berlawanan dengan etika.

Itulah contoh-contoh cara memberikan pendidikan etika untuk balita agar balita tumbuh dan berkembang yang  tidak hanya sehat, cerdas tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik. Sudah banyak contoh disekitar kita anak yang tidak memiliki etika yang baik. Hal tersebut sangat mungkin dipengaruhi oleh salah pola asuh anak dari orangtua saat balita. Anda tidak menginginkannya bukan?

Baca artikel terkait lainnya

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *