Jumlah Kambing Untuk Aqiqah Anak Perempuan

Posted by on November 5, 2016 in Ketentuan Syariat Aqiqah | 0 comments

Apa ada yang sudah tahu berapakah jumlah kambing untuk aqiqah anak perempuan? kali ini penulis akan mengulasnya ya.

 

Jumlah Kambing Untuk Aqiqah Anak Perempuan

jumlah kambing untuk anak perempuan

Jumlah Kambing Untuk Anak Perempuan

Bagi orang yang beragama Islam tentu tidak asing dengan salah satu ibadah ini yaitu aqiqah. Walaupun demikian tidak sedikit dari kaum muslimin yang belum mengetahui seluk – beluk ibadah ini secara mendalam, dan mungkin sebagian orang ada yang belum mengetahui akan jumlah kambing yang dibutuhkan untuk ibadah aqiqah anak perempuan.

Website Warung Aqiqah melansir bahwa aqiqah merupakan sunnah Nabi kita Muhammad shallallahu alaihi wa sallam yang banyak kegunaanya baik terkait dengan keutamaan di dunia maupun keutamaan kelak di akhirat. Salah satu fungsi aqiqah yang bersifat disegerakan adalah sebagai wahana silaturahmi dengan tetangga ataupun sahabat dalam bentuk berbagi menu aqiqah itu sendiri sehingga akan melembutkan hati diantara masyarakat sesuai dengan hadits Nabi yang memerintahkan untuk berbagi hadiah maka rasa cinta akan terpupuk diantara sesama.

Nah, kembali pada pembahasan diatas sejatinya berapakah jumlah kambing untuk aqiqah anak perempuan? Kalau dalam banyak hadits Nabi menganjurkan bahwa jumlah kambing atau domba untuk aqiqah anak perempuan adalah satu ekor yang layak, sehat dan tentunya bisa mencukupi kebutuhan yang akan dibagikan. Artinya jangan sampai kebutuhan 100 porsi tetapi yang disiapkan hanya 60 porsi tentu ini akan menjadi soal tersendiri dalam proses pembagian menu aqiqah. hehehe. Semuanya akan terasa mudah kalau diserahkan kepada pihak yang ahli dalam menangani jasa aqiqah yang baik.

Sekiranya satu ekor tidak mencukupi kebutuhan yang ada, misalkan sudah punya 1 ekor kambing yang bisa dibuat 100 porsi akan tetapi kebutuhannya melebihi jumlah tersebut misalkan 150 porsi. Lantas bagaimana solusinya yang tepat? Ketika menghadapi persoalan seperti ini anda tenang saja karena yang menjadi syarat adalah 1 ekor penuh yang dipotong dengan niat aqiqah atas nama anak yang diaqiqahi adapun tambahan yang 50 porsi maka bisa dengan menambahi daging yang bisa dibeli dipasar secara kiloan, perlu diingat bahwa ada 1 ekor kambing utuh yang dijadikan sesembelihan aqiqah dan kekurangan dagingnya itu baru beli maka itu tidak mengapa. Yang menjadi masalah adalah semua daging beli secara kiloan di pasar dan tidak ada kambing yang disembelih secara khusus untuk aqiqah. Demikian semoga bermanfaat.

Baca artikel kami selanjutnya

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *