Hewan Untuk Aqiqah

Posted by on November 29, 2016 in Ketentuan Syariat Aqiqah | 0 comments

Disini akan diulas tentang hewan untuk aqiqah baik itu jumlah ataupun jenisnya. baca dan share yuk..

 

Hewan Untuk Aqiqah

hewan untuk aqiqah

Hewan Untuk Aqiqah

Aqiqah menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk persiapan Anda yang akan memiliki Anak. Apakah Anda sudah mempersiapkan semua hal untuk aqiqah? Salah satu hal terpenting dari Aqiqah adalah hewan untuk aqiqah. Nah, tahukah Anda apa saja hewan yang diperbolehkan untuk aqiqah, berapa jumlah yang dipergunakan, serta apa saja ketentuannya? Inilah penjabarannya.

Jenis hewan Aqiqah

Jika akan beraqiqah, bolehkah Anda menggunakan selain kambing sebagai hewan aqiqah? Untuk menjawab pertanyaan ini, terdapat perbedaan pendapat diantara para ulama. Pendapat terkuat menyatakan bahwa seorang anak yang baru lahir hanya bisa diaqiqahi dengan hewan kambing atau domba, tidak yang lain. Namun, beberapa ulama seperti Imam Hambali, Imam Syafii, dan Imam Hanafi memperbolehkan beraqiqah dengan selain kambing atau domba. Hewan tersebut hanya boleh hewan yang tergolong al an’am atau sapi dan unta saja.

Jumlah hewan Aqiqah

Dalam penentuan jumlah hewan aqiqah, biasanya ditentukan oleh jenis kelamin anak yang baru lahir. Pada umumnya orang berpandangan bahwa anak laki-laki harus diaqiqahi dengan dua ekor kambing dan anak perempuan hanya satu ekor. Benarkah demikian? Apakah harus seorang Anak laki-laki diaqiqahi dengan jumlah dua dan perempuan satu?

Seperti biasa, setiap permasalahan selalu menimbulkan perbedaan pendapat diantara para ulama. Imam malik mengatakan bahwa aqiqah itu untuk kedua anak laki-laki maupun perempuan itu sama, yakni satu ekor saja. Selain itu ada juga yang menyatakan bahwa anak perempuan tidaklah perlu diaqiqahi. Pendapat tersebut merupakan pendapat dari Al hAsan Al Bashri dan Qotadah, meski sangatlah lemah. Tetapi, mayoritas ulama mengatakan bahwa mengaqiqahi laki-laki dengan dua ekor kambing merupakan anjuran saja. Jika mampu maka hendaklah dengan 2 kambing untuk anak laki-laki. Jika tidak mampu, maka tidak masalah jika hanya menggunakan seekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan ketentuannya cukup dengan seekor kambing saja.

Ketentuan memilih hewan aqiqah

1.    Syarat hewan sama dengan hewan qurban
2.    Dianjurkan yang gemuk, sehat, dan paling bagus.
3.    Dianjurkan berwarna putih seperti ketentuan qurban.
4.    Jika menyembelih dua ekor untuk laki-laki, dianjurkan yang mirip (misalnya umur).

Itulah sedikit ulasan terkait dengan hewan untuk aqiqah semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *