Contoh Susunan Acara Aqiqah

Posted by on November 10, 2016 in Tips Aqiqah | 0 comments

Jasa Catering Aqiqah Yogyakarta, Contoh Susunan Acara Aqiqah; Lagi cari info bagaimana susunan acara aqiqah yang bagus? disini kami akan bahas tentang contoh susunan acara aqiqah untuk anak anda.

 

Contoh Susunan Acara Aqiqah

contoh susunan acara aqiqah

Contoh Susuanan Acara Aqiqah

Apakah Anda adalah orang tua yang akan memiliki seorang anak pertama? Sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk melaksanakan Aqiqah? Seperti apa acara aqiqah yang akan Anda susun? Tentu, susunan acara merupakan salah satu hal terpenting untuk memastikan acara aqiqah anak Anda berjalan dengan lancar. Untuk itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk membuat susunan acara sebelum memulainya. Seperti apakah gambaran susunan acara aqiqah yang bagus? Simaklah contoh susunan acara aqiqah yang bagus berikut. Ingatlah bahwa susunan acara tidaklah harus sama dan sekaku berikut ini, Anda bisa mengganti seperlunya.

1. Pembukaan
Seperti acara-acara pada umumnya, pertama-tama acara haruslah dibuka terlebih dahulu. Untuk melakukan pembukaan, pada umumnya tidak dilakukan oleh pemilik hajat sendiri. Anda bisa meminta tolong kepada orang yang biasa melakukannya di lingkungan sekitar Anda. Pembukaan biasanya berisi ucapan bismillah, selamat datang, dan ucapan terima kasih atas kedatangan para tamu.

2. Pembacaan Ayat Suci
Setelah pembukaan, Anda dapat melaksanakan pembacaan ayat suci Alquran. Untuk hal ini, tunjuklah seorang qori’ atau setidaknya orang yang fasih untuk membaca Alquran. Biasanya, ayat yang sesuai untuk acara aqiqah adalah surat Luqman ayat 13 sampai 18 karena ayat tersebut sangat cocok untuk tasyakuran menyambut anggota keluarga baru.

3. Sambutan
Acara yang tak kalah penting selanjutnya adalah sambutan dari tuan rumah. Seperti halnya pembukaan yang dapat diwakilkan, sesi sambutan ini dapat pula diwakilkan kepada sanak saudara terdekat atau tokoh masyarakat yang ditunjuk. Namun, tentu jauh lebih afdol apabila pemilik hajat yang langsung menyambut para tamunya. Sambutlah tamu Anda dengan tangan terbuka. Cobalah untuk memberikan kenyamanan pada tamu Anda agar tidak ragu dan malu mengambil hidangan yang telah disediakan.

4. Cukur Rambut
Inilah inti dari acara aqiqah yang Anda selenggarakan. Sebenarnya acara ini merupakan acara simbolik yang dapat Anda lakukan sebelum atau sesudahnya. Dalam acara ini, Anda hanya perlu memotong beberapa lembar saja. Jika Anda ingin memotong rambut anak Anda secara menyeluruh, Anda bisa lanjutkan setelah acara aqiqah. Selain itu, dalam acara pemotongan rambut bayi Anda dapat melakukannya dengan campuran adat daerah yang Anda percayai.

5. Penutupan
Setelah serangkaian acara yang telah dilewati, inilah saatnya Anda menutup acara aqiqah Anda dengan ucapan terima kasih kepada tamu Anda. Persilakanlah tamu Anda untuk menikmati hidangan yang telah disediakan dengan suka cita. Pada penutupan ini, Anda dapat memberikan suguhan hiburan berupa penampilan grup sholawat ataupun yang lainnya.

Nah, mudah bukan? itulah salah satu contoh susunan acara aqiqah yang bisa anda terapkan dalam keluarga anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *