Bolehkah Berqurban Sebelum Aqiqah?

Posted by on November 3, 2016 in Tips Aqiqah | 0 comments

Bagi sahabat yang belum mengetahui tentang hukum bolehkah berqurban sebelum aqiqah? disini kami akan mengulasnya.

 

Bolehkah Berkurban Sebelum Aqiqah?

bolehkah berqurban sebelum aqiqah

Bolehkah Berqurban Sebelum Aqiqah?

Bingung ingin qurban tapi belum pernah aqiqah? Sebenarnya boleh atau tidak mendahulukan qurban dibanding aqiqah? Untuk mendapatkan jawaban tersebut, simak ulasan berikut.

Untuk menghilangkan kebingungan tersebutmmarilah kita baca sedikit ulasan dari Balqis Warung Aqiqah, pertama yang harus diluruskan adalah masalah hukum aqiqah dan qurban itu sendiri. Sudah tahukah Anda apa hukum melaksanakan aqiqah? Ya, hukum aqiqah adalah sunnah mu’akkadah serta bentuk rasa syukur atas kelahiran anak. Adapun qurban merupakan ibadah yang hukumnya juga sunnah mu’akkadah, dijalankan pada hari idul adha sebagai bentuk meneladani sunnah Nabi Ibrahim as.

Kedua, jika kita perhatikan kedua bentuk ibadah ini hampir sama, yakni menyembelih hewan. Namun, hewan qurban tidaklah terbatas hanya kambing saja,  boleh kerbau, unta, ataupun sapi. Dalam pembagian hasilnya, ibadah aqiqah dianjurkan dalam bentuk matang dan ibadah qurban dalam bentuk mentah.

Selanjutnya, kedua bentuk ibadah tersebut merupakan ibadah yang berbeda satu sama lain. Kedua ibadah tersebut tidak dapat saling menggantikan. Waktu pelaksanaan aqiqah menurut sunnah Rasulullah saw adalah tanggal 7, 14, 21, atau kapanpun Anda memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. Sedangkan pelaksanaan ibadah qurban adalah hanya pada waktu idul adha yakni 10-13 Dzulhijjah. Jika dilihat dari kelonggaran waktunya, maka aqiqah adalah ibadah yang waktu pelaksanaannya lebih mudah dan fleksibel dibanding dengan qurban.

Melihat keutamaan ibadah qurban dan mempertimbangkan waktu yang lebih terbatas ibadah qurban, sebagian ulama’ berpendapat bahwa mendahulukan ibadah qurban sebelum ibadah aqiqah adalah boleh. Apalagi pelaksanaan penyembelihan qurban di masa dewasa sebelum melaksanakan aqiqah, ada beberapa pendapat yang menyatakan tidak apa-apa. Namun, jika mampu tentu lebih baik segera melakukannya. Intinya, tidak ada ketentuan dalam syari’at yang menyatakan bahwa pelaksanaan ibadah qurban hanya khusus bagi orang yang sudah melaksanakan aqiqah.

Terakhir, jika Anda ingin meniatkan melakukan kedua ibadah tersebut secara bersamaan, maka hal tersebut tidaklah diperbolehkan. Karena kedua ibadah tersebut saling berdiri sendiri seperti halnya jika Anda ingin berniat puasa sunnah sekaligus mengganti utang puasa wajib Anda. Wallahu ‘alam.

Baca artikel terkait lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *